Dr. Watson

25 11 2008

Di mana ada Holmes, di situ pasti ada Watson. Ya, keduanya memang tidak bisa (dan memang tidak akan pernah bisa) berpisah karena saling membutuhkan satu sama lain. dr. Watson yang bernama lengkap John. H. Watson, M.D. mulanya mengira Holmes seorang yang eksentrik sampai pada akhirnya ia tahu bahwa pekerjaan utama temannya itu adalah seorang detektif.Watson yang tertarik dengan dunia yang diterjuni oleh Holmes kemudian secara sukarela menawarkan diri sebagai asistennya secara tidak langsung. Watson selalu mengikuti Holmes ke mana pun ia pergi untuk kemudian menceritakan kembali pengalaman mereka kepada umum. Mereka hanya pernah berpisah sesekali saja, itu pun menyisakan banyak masalah. Dalam suatu kisah, Holmes menulis pengalamannya sendiri dan mengetahui bahwa tulisannya tidak sebaik tulisan Watson. Lain lagi dengan pengalaman Watson, ia dimintai tolong oleh Holmes untuk menyelidiki suatu kasus sementara Holmes menyelidikinya dari sudut pandang yang lain. Alih-alih tuntas, kasus tersebut malah menjadi sedikit lebih rumit dan sekali lagi Holmes menyesal mengapa mereka tidak bekerjasama saja sejak awal.

Pada tahun 1878 aku mendapatkan gelar dokter umum dari Universitas London, dan melanjutkan ke Netley untuk mengikuti pendidikan ahli bedah khusus Angkatan Darat. Setelah menyelesaikan pendidikanku, aku dimasukkan dalam resimen Northumberland Fusiliers Kelima… (Penelusuran Benang Merah, ).

Watson adalah seorang dokter (bedah) yang setia dan teguh pada pendirian. Ingatlah saat Watson akan memeriksa Holmes dengan paksa lantaran menderita “demam” selama berhari-hari dalam kisah Petualangan Detektif Sekarat. Sayangnya, ia juga mudah tertipu, bahkan oleh Holmes sekalipun. Watson menikah dengan Mary Morstan, mantan klien dalam kasus Empat Pemburu Harta (edisi bahasa Inggris berjudul Sign of Four). Sampai serial Holmes berakhir, tidak disebutkan bahwa ia telah dikaruniai keturunan. (dikutip dari : sherlockindo)


Actions

Information

Leave a comment